Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Rabu, 11 Juli 2012

RS Putra Malaka, Pelayanan Kesehatan Terkemuka di Malaysia

RS Putra Malaka
Salah-satu rumah sakit bertaraf Internasional di Malaysia yang acap dikunjungi warga Indonesia adalah Rumahsakit Putra Malaka (Putra Spesialist Hospital). Rumah sakit yang dikenal memberikan pelayanan prima ini, ternyata memiliki prasaran pendukung kesehatan setara dengan rumahsakit sawasta lainnya di Malaka.



Lebih dari 500 ribu orang warga Indonesia lebih memilih negeri Malaysia dan Singapura sebagai tempat berobat dan mendapat pelayanan kesehatan. Ini dibuktikan dengan catatan Yayasan Selasih Pekanbaru, bahwa lebih dari 250 ribu warga Indonesia (sebagian besar warga Pekanbaru, Bengkalis dan Dumai) pergi berobat ke Malaka Malaysia setiap tahunnya.

Angka ini tak jauh beda dengan data yang dipublikasi International Medical Travel Journal tahun 2008, jumlah orang Indonesia yang berobat ke Singapura tahun 2007 sebanyak 226.200 orang. Sementara itu, ke Malaysia 70.414 (tahun 2006), 221.538 (tahun 2007), dan 288.000 (tahun 2008).

Dari beberapa rumah sakit berstandar internasional di Malaysia yang dikunjungi warga Indonesia di Malaysia, Rumahsakit Putra Malaka (Putra Spesialist Hospital) menjadi pilihan utama bagi warga Indonesia untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Rumah sakit Putra merupakan salah satu pusat pengobatan swasta milik tempatan yang kepakaran dan ketersediaan sarana dan prasaran pendukung kesehatannya setara dengan rumahsakit sawasta lainnya di Malaka.

Seperti RS Mahkota Medical Centre dan RS Pantai, RS Putra juga berstandar internasional. Memiliki lebih dari 50 klinik specialist dengan dokter pakar yang telah berpengalaman puluhan tahun lebih.

RS Putra terletak di pusat Bandar Negeri Malaka dan cabangnya di Batupahat Johor. Lokasinya sangat strategis. Terletak di pusat kota Bandar raya Bersejarah yang berdekatan dengan tempat-tempat wisata budaya, Mall Mahkota dan dataran pahlawan. Hal ini memudahkan masyarakat luar, khususnya dari Indonesia bias dating berobat sambil berlibur.

Sejak mengembangkan sayap dengan membentuk Representatif Hospital di beberapa daerah di Indonesia setahun silam,  PSH telah dikunjungi lebih dari 58.000 pasien dari Indonesia per tahun. Kini rumah sakit ini ditasbihkan menjadi ikon kesehatan baru negeri jiran itu. Apa sih keunggulannya.

Dari hasil kunjungan langsung Ketua Yayasan Selasih Ir Chatra Tamsin  ke rumah sakit Putra Spesialist Hospital (PSH) di Malaka beberapa waktu lalu, setidaknya ada lima hal penyebab pasien memilih berobat ke luar negeri. Yakni pelayanan kesehatan yang lebih memadai, tindak laku pengelola rumah sakit dalam menghadapi pasien, kepakaran dokter yang sudah teruji.

Belum lagi teknologi pengobatan dan kelengkapan rumah sakit yang modern, serta adanya beragam paket khusus yang ditawarkan rumahsakit yang menarik minat pasien dan keluarganya untuk berkunjung ke Malaysia, seperti paket berobat sambil berlibur mengunjungi tempat-tempat wisata.
Pelayanan kesehatan yang diberikan oleh PSH sudah terasa tidak saja ketika pasien sudah sampai di rumah sakit, tetapi sudah dimulai dari tempat tinggal sang pasien itu sendiri. Ketika pasien sudah memutuskan untuk berobat ke PSH, representatif (perwakilan) rumahsakit yang berada di kota tempat tinggal pasien sudah mulai bertugas memberikan pelayanan.

Petugas representatif tersebutlah yang menguruskan segala keperluan berangkat pasien, mulai dari kebutuhan surat-surat administrasi keimigrasian, evakuasi keberangkatan, penjemputan dengan ambulan di pelabuhan (kalau pasien berangkat dengan ferry) atau penjemputan ke bandara kalau pasien berangkat dengan pesawat terbang.

Sesampai di rumah sakit, pasien atau keluarganyapun tidak pula direpotkan lagi oleh masalah administrasi rumahsakit, karena sebelumnya petugas representatif sudah mendaftarkannya lebih dulu.

Dokter RS Putra Malaka Siap Berikan yang Terbaik
Selain itu pasien pun tidak perlu lagi menunggu lama kedatangan dokter ahli atau menurut istilah di Malaysia dokter pakar yang akan mengobati. Karena dokter sudah siap sedia menanti kedatangan pasien untuk sesegera mungkin diobati.

Penentuan dokter pakar ini juga dilakukan oleh petugas representatif yang diantaranya ada yang berprofesi sebagai dokter. Seperti di Pekanbaru, Dokter representatif PSH di Pekanbaru adalah Datuk Dr Abdullah Qayyum. Sebelum ke Malaka, Dr Qayyum sudah melakukan diagnosis awal penyakit pasien. Berdasarkan hasil diagnosis ini, Dr Qayyum melakukan konsultasi dengan dokter pakar yang ada di PSH terkait teknis pengobatan yang akan dilakukan kepada pasien.

RS Putra Malaka Beri Konsultasi
Hasil konsultasi tersebut dikonsultasikan dengan pasien dan keluarganya sehingga dapat diputuskan hal-hal terbaik yang dapat dilakukan untuk kesembuhan pasien.

Khusus mengenai komunikasi yang transparan antara pasien dengan dokter ini agaknya menjadi keunggulan utama rumahsakit PSH. Terasa bahwa pengelola rumahsakit benar-benar lebih mengedepankan pasien daripada sebagai konsumen. Pelayanan terhadap pasien lebih diutamakan.

Waktu yang disediakan dokter pakar untuk pasien cukup untuk konsultasi atau tidak terburu-buru dalam menghadapi pasien. Dan Dokter bertugas menegakkan diagnosis berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan dengan menggunakan peralatan modern yang tingkat ketelitian dan keakuratannya lebih baik.

RS Putra Malaka Pelayanan Kesehatan Terbaik

Hal ini memang jauh berbeda bila di dalam negeri. Di Indonesia waktu yang disediakan dokter untuk memeriksa pasien sangat singkat. Hebatnya, dalam waktu singkat itu dokter dapat langsung bisa menegakkan diagnosis terhadap penyakit yang diderita pasien.

Dengan pelayanan seperti itu, terasa bahwa masalah biaya tidak lagi menjadi persoalan. Masalah tarif atau biaya pelayanan memang lebih tinggi dibanding di dalam negeri, tetapi nilai itu terasa lebih rendah karena sebanding dengan pelayanan yang diterima.*


0 komentar:

Poskan Komentar

Prev Post Next Post Home