Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Kamis, 24 Mei 2012

Calon Gubernur Riau 2013, Perang Strategi?

CEKAU.COM-Aduh, ramenya para calon alias bakal calon atau ada juga menyebut kandidat untuk memperebutkan kursi satu alias Gubernur Riau pada 2013, setakat ini sangat banyak. Apalagi media lokal mengekploitasi kelebihan para calon tersebut, sebagai konsumsi menarik untuk dijual.

Lalu bagaimana strategi para calon gubernur Riau ini untuk menggaet hati pemilih? Nah, perang strategi di media pun dinilai cukup ampuh. Buktinya, para calon kini dikabarkan sudah memiliki tim sukses-mesti belum resmi, namun sudah sibuk bertandang ke pelosok desa bersama calon yang diusungnya di berbagai kabupaten dan kota di Riau.

Apakah jurus tersebut ampuh? Jika sebatas sosialisasi, bisa saja. Namun, bila sosialisasi 'diam-diam' itu tidak dikejar dengan penunjukkan tim-sebagai penanggung jawab, di wilayah dasar itu, ditakutkan sosialisasi tersebut dinilai sia-sia.

Ini diakui Datuk Dalang, yang tunak menjadi tim sukses kepala daerah kepada cekau.com. Alasannya, pertama, sosialisasi akan berlangsung sesaat. Tak ada gema maupun gaung daripara calon Gubernur Riau 2013. Parahnya, bila calon tersebut tidak dikenal masyarakat.

Kedua, menyangkut dana yang sudah dikeluarkan tidak sedikit. Setidaknya, tim sukses yang saat ini terbentuk kebanyakan tinggal di Pekanbaru, otomatis besarnya biaya akomodasi dan transportasi untuk geografis Riau yang terdiri-dari wilayah pesisir tentunya menjadi kendala di kemudian hari.

Nah, siapa saja para calon Gubernur Riau yang sudah melalangbuana ke berbagai pelosok desa di Provinsi Riau itu? Berdasarkan publikasi berbagai media cetak lokal Januari - Mei 2012 ada beberapa nama calon yang selalu dimuat, baik di halaman depan berwarna maupun di halaman dalam hitam atau berwarna.

Namun, rekomendasi yang dimuat tulisan ini, dilakukan secara independen dan bukan merupakan titipan amplop maupun pesan elektronik dari masing-masing tim sukses para calon Gubernur Riau. Bahkan urutan nama-nama para calon Gubernur Riau 2013 di bawah ini, bukanlah sebuah peringkat dari keinginan para pemilih mendatang. Namun lebih mengedepankan banyaknya aktivitas kunjungan para calon ke berbagai desa di wilayah Provinsi Riau.

Berikut hasil pantauan tim ahli cekau.com yang menganalisis dari lima media lokal (Tribun Pekanbaru, Riau Pos, Metro Riau, Haluan Riau, Koran Riau).
  1. JE alias Jhon Erizal sebagai Bendahara PAN Pusat, (simak tulisannya)
  2. LE atau Lukman Edy, Bekas Menteri PDT, (simak tulisannya)
  3. HA alias Herman Abdullah, Bekas Walikota Pekanbaru, (simak tulisannya)
  4. AGU alias Abdul Gafar Usman, Anggota DPD RI Riau, (simak tulisannya)
  5. WAB alias Wan Abu Bakar, Bekas Wakil Gubernur Riau, (simak tulisannya)
  6. Calon-calon gubernur Riau yang lain masih di bawah 10 persen.
Analisis presentase kelima calon ini dapat dilihat pada tulisan kekuatan Calon Gubernur Riau 2013 dengan berbagai pembahasan yang unik.*


0 komentar:

Poskan Komentar

Prev Post Next Post Home