Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Selasa, 17 April 2012

Cara Buat Surat Lamaran Kerja Terbaru

CEKAU.COM-Sudah berapa banyak Anda menulis surat lamaran kerja? Waw? Belasan bahkan sudah mencapai ratusan. Mengapa Anda tidak dipanggil-panggil oleh perusahaan tersebut? Ada yang salah. Nah, bagaimana cara buat surat lamaran kerja yang baik dan santun. Bacalah cara buat surat lamaran kerja versi terbaru 2012 ini. Tulisannya akan terkesan profesional, ada nilai skill (kemampuan keahlian) dan kecerdasan.

Jika Anda ingin masuk kerja, tentunya yang dibayangkan adalah perusahaan tersebut akan menerima Anda dengan baik. Tentunya dengan harapan, ketika pimpinan atau calon atasan Anda membaca surat lamaran kerja, maka ia akan memanggil Anda, dengan cara menghubungi melalui email, telepon atau surat. aTapi, bagaimana cara menulis surat pengunduran diri tidak bekerja? Baca: http://www.cekau.com/2012/04/cara-buat-surat-berhenti-kerja-yang.html

Tapi, yang menjadi pertanyaan, apakah selama Anda menulis surat lamaran kerja itu, apakah Anda yakin akan diterima? Atau gara-gara menulis surat lamaran kerja salah, dan dinilai sudah basi alias cara penulisan yang kuno, membuat Anda tidak dipanggil-panggil?

Nah, ikuti cara membuat surat lamaran kerja terbaru ini dengan baik dan teliti. Siapa tahu, ada nilai lebih ketika calon atasan Anda membaca surat lamaran kerja tersebut.

A. Jenis-jenis Surat Lamaran Kerja
Jenis tulisan surat lamaran kerja ini pun bermacam-macam. Yang jelas, ada yang menyebut cara menulis surat lamaran kerja versi terbaru, ada pula menulis cara membuat surat lamaran kerja terbaru 2012. Bahkan untuk menarik pembaca, ada juga membuat cara Buat Surat Lamaran Kerja agar diterima perusahaan. Apakah ini mempengaruhi? Bisa Iya sedikit tidak.

Tapi, intinya, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, sesuai dengan EYD dan bernilai profesional dan santun.

B. Yang harus Dilengkapi pada Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja itu berisikan tanggal, hari, bulan dan tahun, latar belakang, maksud dan tujuan serta diakhiri dengan penutup dan salam hingga tertanda dari sipenulis. Tidak lupa berbagai referensi atau berkas-berkas (surat) pengalaman sebelumnya, dan sertifikat yang pernah Anda raih dan juga foto ukuran 4x6 berwarna satu aja (jika tidak diminta). Ingat, jangan lupa tulis nama dan nomor telepon seluler (Hp) Anda dengan pensil dibelakang foto. Ini memudahkan administrasi ketika memanggil Anda.

C. Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Terbaru
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja terbaru ini, dapat dilihat seperti contoh di bawah ini. Ikuti urutannya dengan teliti. Baik penebalan huruf maupun posisi (letak) awal tulisan. Format penulisan marjin dianjurkan 4 kiri, 3 atas, 3 kanan dan 3 bawah. Atau istilah kalau kuliahnya: 4333.

1. Sudut kanan atas pojok: Ditebalkan
Bandung, 30 Desember 2012

2. Bawah posisi kiri: Ditebalkan
Nomor:01/LK/XII/2012 (Jika ada, nomor surat pribadi Anda maka perlu diisi. LB: Lamaran Kerja)

3. Bawah posisi kiri: Ditebalkan
Lampiran: terlampir. (Jika ada lampiran seperti fotocopy sertifikat, pengalaman kerja dari perusahaan sebelumnya, surat pernah kerja kontrak kerja, bekas kartu pengawai  perusahaan lama dan surat-surat penting hasil lulusan sekolah terakhir.

4. Bawah posisi kiri: Ditebalkan dan digaris bawahi
 
Hal: Lamaran Kerja

5. Bawah posisi kanan: Ditebalkan
Kepada Yth:
Bapak/Ibu Pimpinan
PT..........
Jalan.......
Kota........

6. Bawah posisi kiri: Sejajar garis vertikal 01 atau Lamaran....
Dengan Hormat,

Saya doakan, semoga Bapak/Ibu selalu sehat dan aktif menjalankan aktivitas sehari-hari. Amin.

7. Jika Ada Informasi Lowongan:
Sesuai informasi yang saya terima,........ (isikan sesuai info: 1, 2, atau 3)
  1. di media cetak ....... pada hari dan tanggal, tahun, maka.....
  2. (Jika dari dalam tidak usah disebut)
  3. (Jika tak ada informasi, langsung tulis saja)
... bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, membutuhkan karyawan untuk ditempatkan di ..........(jabatan). Untuk itu, saya bermaksud mengajukan lamaran kerja di perusahaan Bapak/Ibu untuk posisi yang dibutuhkan.

8. Bawah dan Tebalkan:

Saya yang mengajukan pekerjaan

Nama                            : .........
Tempat Tanggal Lahir    : .........
Alamat Orangtua           : .........
Alamat Sekarang           : .........
Telepon Rumah             : .........
Hp                                : .........
Email                             : .........
Blog                              : .........

9. Bawah Jangan Ditebalkan:

Sebagai informasi, saya memiliki pengalaman dan pernah bekerja di perusahaan ..... dengan jabatan yang sama, selama .......... tahun. Semua keterangan dan pengalaman saya lampirkan.

Demikian surat permohonan ini saya ajukan, semoga Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan surat lamaran saya ini. Atas bantuan dan kerjasama yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan banyak terimakasih. Semoga, ilmu dan pengalaman yang saya miliki dapat memberikan kontribusi pada perusahaan Bapak/Ibu pimpin.

10. Bawah ditebalkan:

Hormat Saya,

tanda tangan dan nama Anda

11. Selesai

Nah, semoga format penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar ini dapat bermanfaat bagi Anda maupun teman-teman Anda. Jangan lupa traktir ya? Terimakasih.*


0 komentar:

Poskan Komentar

Prev Post Next Post Home