Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Senin, 26 September 2011

Bayi Lahir Jantung di Luar Tubuh: Penyebab Penyakit Siti Belum Diketahui

Bayi Lahir Jantung di luar tubuh
CEKAU.COM-Siti Arrahman lahir dari pasangan Khairuddin (28) dan Diana (21) di Bengkalis, 12 September lalu, telah menjalani perawatan di RS Harapan Kita, Jakarta sejak 18 September lalu. Bayi yang menderita kelainan jantung (ectopia cordis), berada di permukaan dada.

Pengakuan Ketua Tim dokter dr Rudi Firmansyah Sp A, menjelaskan setelah kepada Metro Riau, bahwa Siti menjalani operasi tahap pertama, tim masih harus bekerja keras untuk mengembalikan letak organ jantung ke dalam tubuh. Selain berada di luar tubuh, Rudi melihat ada beberapa keanehan lain pada jantung bayi tersebut, yakni adanya posisi aorta jantung yang tidak sesuai dengan tempatnya dan gangguan pada sekat bilik jantung.

“Sampai hari ini secara umum keadaan membaik, setelah operasi. Kami harus memikirkan pananganan ini lebih dalam dan intensif lagi sebelum memastikan jadwal operasi tahap kedua," katanya di Jakarta, Ahad (25/9).

Tim dokter Harapan Kita masih ingin melihat apakah zat sintesis (yang terbuat dari kardium sapi) untuk membungkus jantung Siti Arrahmah itu masih bisa bekerja dengan baik. “Dipastikan operasi tidak mungkin dalam waktu dekat, sebab tim dokter ingin memastikan zat sistesis yang dipakai untuk mengemas jantung itu masih bekerja dengan baik atau tidak," katanya.

Rudi mengatakan tim dokter belum mengetahui penyebab pasti kelainan jantung itu, namun tim dokter menduga penyebab kelainan jantung yang menimpa Siti Arrahma akibat kurang gizi dan pola asupan makanan ibu yang salah.*


0 komentar:

Poskan Komentar

Prev Post Next Post Home